Corona Virus Outbreak

Hi Dropshipper, saat ini Dunia sedang berada di masa-masa tersulitnya. Terjadinya Outbreak COVID-19 atau Corona Virus yang bermula dari Wuhan membuat hampir seluruh negara di dunia mengalami dampaknya. Virus yang memiliki karakteristik sama dengan Virus SARS ini memiliki karakter penularan ( Contagious ) yang sangat cepat, hal ini lah yang membuat mengapa Virus Corona ini menyebar dengan cepat.

Sektor kesehatan di seluruh dunia sedang diuji dan berpacu dengan waktu untuk dapat segera menemukan vaksin untuk Virus Corona. Selain sektor kesehatan, Sektor bisnis pun mengalami pukulan yang sangat besar, dengan kebijakan Lockdown dari beberapa negara besar untuk membatasi penyebaran Virus Corona ini ke lebih banyak tempat. Saat ini seluruh perusahaan di dunia dan Indonesia menggalakan sistem kerja Work From Home.

Apa Itu Work From Home ?

Perusahaan Start Up pasti sudah terbiasa dengan istilah Work From Home. Dalam artian harfiahnya, berarti bekerja dari rumah. Banyak metode membuktikan produktivitas perusahaan meningkat seiring dengan kebahagiaan pegawai dan metode itu memang sudah terbukti hampir di seluruh Start Up di dunia. Work From Home menjadi solusi apabila tim pekerja berada pada area yang cukup jauh sehingga diharuskan bekerja secara Remote melalui protokol pekerjaan yang sudah di atur oleh masing-masing perusahaan.

Setelah adanya pengumuman dari Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan terkait himbauan untuk mengurangi aktivitas bisnis dan kegiatan usaha serta mengharuskan seluruh pekerja melakukan pekerjaan dari Rumah. INDOHP langsung mengikuti arahan dari himbauan tersebut, hal ini sebagai bukti bahwa kami benar-benar menganggap Pandemic Corona ini serius dan berusaha mengambil bagian untuk bisa menghentikan penyebaran Virus ini.

Bagaimana Cara Yang Benar Untuk Mulai Work From Home ?

Metode penerapan Work From Home ini akan berbeda untuk masing-masing posisi pekerjaan. Sebagai contoh, pekerja yang membutuhkan kehadiran fisik seperti perusahaan manufaktur sudah tentu tidak dapat melakukan metode ini di karenakan kebutuhan perangkat untuk menajalankan proses produksi.

Untuk memulai Work From Home, kita bisa mulai memilih aplikasi pendukung yang akan tetap menjaga produktivitas kita walaupun tidak bertatapan langsung dengan rekan kerja lainnya. INDOHP juga menggunakan Stack Apps atau aplikasi-aplikasi pendukung untuk menunjang produktivitas Work From Home ini. Berikut beberapa rekomendasi aplikasi yang dapat menunjang kegiatan Work From Home :

Microsoft Teams, Aplikasi yang digunakan INDOHP untuk menunjang Work From Home policy
  • Microsoft Teams
  • Slack
  • Zoom
  • Asana
  • ToDoist
  • Trello
  • dll

Aplikasi di atas memiliki fungsi masing-masing mulai dari Manajemen Task, Corporate Chat, hingga Online Meeting. Pertanyaan yang masih sering muncul dari teman-teman pada umumnya adalah “Kenapa gak pakai whatsapp aja untuk kerja?”, “Kenapa gak pakai Notepad untuk catat kegiatan?” “Kenapa gak pakai Skype untuk Online Meeting?”

Setiap perusahaan punya protokol masing-masing termasuk pemilihan aplikasi. Aplikasi Work From Home yang direkomendasikan oleh INDOHP merupakan aplikasi yang saat ini kami gunakan dan pernah kami gunakan. Bagi INDOHP sendiri, memisahkan chat pekerjaan dengan aplikasi berbeda terbukti bisa meningkatkan produktivitas tim lebih dari 45% di bandingkan berada di satu grup whatsapp. Kemudahan kolaborasi serta berbagi file pekerjaan dan fitur-fitur tambahan lainnya membuat INDOHP sendiri saat ini menggunakan Microsoft Teams untuk platform komunikasi seluruh divisi.

Sekarang kita kembali ke pembahasan utama, Bagaimana cara agar Work From Home ini tetap berjalan secara efektif. Berikut Tips nya

Tips & Trick Produktif Saat Work From Home

1. Bangun Pagi

Remote Work Tips time tracking

Hal ini sangat penting loh. WFH ( Work From Home ) bukan berarti kita bisa bangun sesuka hati kita. Jadi kita harus tetap bangsung sesuai dengan schedule kerjaan kita. Misal sebelum WFH kita sudah bersiap-siap dari jam 06.00 pagi, maka saat WFH pun harus tetap sama. Bangun pagi, persiapkan diri seperti sarapan untuk memulai hari kerja kita di rumah.

2. Berpakaian Yang Rapih

Apa yang kita kenakan dapat mempengaruhi mood dan kepercayaan diri kita. Jadi walaupun WFH, sangat disarankan tetap menggunakan pakaian yang rapih. Walaupun menggunakan celana pendek untuk kenyamanan. Tips ini boleh dicoba dan kalian bisa bandingkan perbedaan saat menggunakan atasan seperti piyama dengan atasan seperti kaos polo / baju kerja.

3. Tingkatkan Komunikasi

Karena posisi masing-masing team berbeda, maka komunikasi yang dijalin lewat aplikasi. Saat berkomunikasi ada satu hal yang harus kita ingat, penggunaan tanda baca supaya lawan bicara kita paham.

4. Gunakan Task Manajemen

Apabila perusahaan kalian belum menggunakan manajemen task seperti Asana / Todoist atau Trello. Mungkin ini bisa jadi awal untuk mulai menggunakan manajemen task. Hal ini diperlukan untuk memvisualisasikan tugas dari masing-masing personil serta progress terkait pekerjaan yang mereka lakukan. Dengan visualisasi task maka akan lebih mudah kita untuk melihat progress yang terjadi di masing-masing personil.

5. Home Rules

Ya ini sangat penting untuk dilakukan. Memberitahukan keluarga kita terkait WFH sangat penting. Hal ini untuk mengurangi Distraction yang ada saat kita WFH. Dengan memberikan batasan serta aturan selama WFH, maka orang-orang dirumah akan menghormati dan berusaha melakukan batasan tersbut.

Nah lewat 5 tips diatas, kami harap dapat membantu kita semua untuk sama-sama tetap produktif saat WFH. Ingat ya dropshipper, selain menjaga produktivitas, jangan lupa untuk menjaga kesehatan kalian juga. Manfaatkan moment WFH ini untuk mulai memperbaiki asupan gizi dan juga perkaya asupan intelektual dengan mengikuti Online Course yang banyak bertebaran di Internet.

INDOHP juga merencanakan untuk memperbanyak retensi Webinar selama masa WFH ini, update terkait schedule webinar INDOHP akan diupdate melalui akun Instagram resmi INDOHP di @indohp.official jangan lupa follow ya untuk mendapatkan informasi terkini dari INDOHP.

Stay Safe, Keep Healthy dan Tingkatkan Awareness ke sekeliling kita.