Bisnis online saat ini sudah tidak bisa dipandang sebelah mata lagi. Seiring dengan perkembangan zaman pelan tapi pasti bisnis offline sudah mulai merambah bisnis online, salah satunya yaitu dengan berjualan di marketplace. Tingginya nilai transaksi online menjadikan Marketplace sebagai salah satu pemain terbesar dalam bisnis e-commerce Indonesia.
Marketplace adalah perantara antara penjual dan pembeli di dunia maya. Situs marketplace bertindak sebagai pihak ketiga dalam transaksi online dengan menyediakan tempat berjualan dan fasilitas pembayaran. Bisa dikatakan marketplace adalah departemen store online.
Banyak contoh marketplace besar di Indonesia seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak dan lain-lain. Tapi kali ini mimin tidak akan membahas semua marketplace tersebut, kali ini mimin akan membahas bagaimana meningkatkan penjualan dari salah satu marketplace yang populer di Indonesia, yakni Tokopedia.
Siapkan Informasi Toko Kamu
Ini ditujukan bagi yang sedang ingin membuka toko di Tokopedia. Salah satu kunci keberhasilan jualan online terletak pada tingkat kepercayaan pembeli terhadap toko atau jualan kamu. Kepercayaan itu muncul salah satunya berasal dari nama dan informasi. Untuk itu berikan informasi yang valid di toko kamu, seperti informasi nama toko yang jelas, nama kamu sebagai penjual, alamat, deskripsi toko yang jelas, dan lainnya.
Pakai Judul Produk yang Detail
Sebaiknya para seller Tokopedia mulai membenahi judul tiap produknya dengan lebih detail dan lengkap. Misalkan, jika kamu berjualan Batik jangan hanya menuliskan judul produk Batiksaja, tetapi disesuaikan dengan produknya, ‘Batik Tulis Pria Motif Wayang. Buatlah judul yang selengkap mungkin. Mengapa hal ini perlu? Karena ketika nanti ada pembeli yang mencari produk batik melalui kolom pencarian, maka produk kamu bisa tampil berkat penempatan kata yang lengkap dan tepat.
Jangan Acuhkan Deskripsi Produk
Sebenarnya tidak hanya di judul saja, tetapi yang tak kalah penting adalah deskripsi produk. Ini justru kadang luput dari para seller. Deskripsi produk hendaknya diisi sedetail mungkin, unik dan menarik dengan jumlah minimal 200 kata kamu harus bisa memanfaatkannya dengan sebaik mungkin.
Manfaat yang akan kamu dapat apabila deskripsi produk kamu diisi dengan detail. Yang pertama, akan membantu masalah hasil pencarian produk di form pencarian Tokopedia. Kedua, akan membantu mengoptimalkan hasil pencarian di mesin pencari (seperti Google) atau yang biasa disebut SEO. Ketiga, sebagai penari pembeli agar melakukan transaksi. Cobalah untuk mempelajari soal ‘Content Marketing’ dan ‘Copywriting. Dua hal ini akan menjelaskan bagaimana menulis konten yang bisa menari pembeli untuk melakukan transaksi.
Buat Foto Produk yang Menarik
Cobalah untuk memperbaharui foto produk agar menjadi lebih menarik. Foto produk yang menarik juga akan meningkatkan persentasi pengunjung toko kamu melakukan transaksi. Sebelum mengupload foto produk ada baiknya kamu lakukan sedikit edit pada foto produk.
Gunakan Fitur Promosi yang Ada
Tokopedia telah menyediakan berbagai pilihan fitur promosi yang bisa kamu coba. Di antaranya adalah fitur Dink It. Fitur ini akan muncul tiap 60 menit sekali dan kamu bisa klik itu untuk mempromosikan produk kamu dan layanan ini adalah layanan gratis. Namun, jika kamu tidak ingin repot setiap 60 menit sekali harus mengklik dink it ini, kamu bisa menggunakan fitur TopAds. Dengan menggunakan fitur ini produk kamu akan dipromosikan dan muncul di tempat-tempat strategis yang telah ditentukan Tokopedia.
Fitur TopAds ini berbayar namun sangat murah sekali, hitungannya hanya per klik. Biaya per klik mulai Rp 50 sangat murah bukan. Akan tetapi jika kamu ingin menggunakan Fitur TopAds pastikan toko kamu sudah berlangganan Gold Merchant. Nah, dengan menggunakan fitur Gold Merchant ini juga menjadikan keuntungan tersendiri. Toko kamu akan memiliki ‘Gold Badge’ yang bisa meningkatkan kepercayaan pembeli.
Berikan Pelayanan yang Cepat dan Tepat
Sebagai seller, kamu harus lebih aktif dari buyer. Jangan sampi ada buyer yang menanyakan kabar pesanannya karena kamu malas untuk memberikan informasinya. Jawablah pertanyaan-pertanyaan dengan cepat dari pembeli yang dikirimkan kepada kamu. Selain itu, segera proses pesanan dengan cepat dan tepat sesuai dengan apa yang pembeli pesan. Pelayanan yang baik akan berdampak bagi pembeli yang nantinya bisa memberi rating maksimal untuk toko kamu dan berkemungkinan untuk membeli kembali di toko kamu. Rating dan Testimonial ini yang nantinya menjadi senjata kamu agar lebih dipercaya oleh pembeli.
Bagikan ke Sosial Media
Jangan lupa untuk menggunakan sosial media untuk meningkatkan pengunjung toko kamu. Sosial media ini sebagai jembatan yang cukup efektif agar toko kamu mendapat kunjungan yang lebih. Jika sudah mendapat kunjungan yang lebih otomatis peluang terjadinya transaksi akan meningkat.
1 comment