Berjualan bisa di kategorikan sebagai sebuah seni dan skill. Dimana kita memerlukan pemahaman serta teknik yang tepat untuk dapat bisa berjualan secara optimal. Dalam kehidupan sehari-hari sebenarnya banyak sekali hal yang dapat kita pelajari dan dalami untuk dapat mengembangkan kemampuan kita dalam berjualan. Tentunya hal ini juga berdampak dalam konteks bisnis dropship. Terus apa yang harus kita lakukan untuk bisa memaksimalkan penjualan di Bisnis Dropship ?

Hal pertama yang harus menjadi perhatian adalah Mindset atau sudut pandang. Disini para Dropshipper masih terkadang menyalahartikan konsep Bisnis Dropship atau Online ini. Dimana banyak sekali orang berasumsi bahwa Bisnis Online itu mudah mendapatkan pembeli dan pasti laku. Hal ini tidak sepenuhnya salah tapi tidak sepenuhnya benar juga. Bisnis Dropship Online juga membutuhkan pengetahuan serta teknik yang tepat untuk memastikan kita melakukan penjualan, dan hal ini tidak dapat kita dapatkan hanya dalam waktu satu hari. Selain itu juga, kita harus benar-benar bisa membaca peluang dan market yang tepat untuk Bisnis Dropship ini. Bisnis Dropship bukan berjualan di Marketplace !!, ya hal itu harus benar-benar kita pahami secara baik disini.

Seni Berjualan di Bisnis Dropship adalah suatu flow atau alur yang setidaknya harus di lalui oleh para Dropshipper. Saat kita bisa membaca peluang yang ada dalam sebuah Bisnis berarti kita juga bisa melihat dan mulai membaca potensi market yang ada dari Bisnis Dropship ini. Hal ini pernah di bahas di salah satu sesi webinar INDOHP dengan topik Small Data yang bisa kalian tonton di channel YouTube Official INDOHP.

Sekarang kita akan bahas lebih dalam cara terbaik untuk bisa berjualan secara optimal melalui Bisnis Dropship ini.

Seni Soft Selling

Soft Selling merupakan salah satu teknik berjualan paling efektif di zaman ini. Untuk bisa memahami ini, kita harus berkaca dengan diri kita sendiri. Pasti kita semua gak bakalan suka dengan marketing yang setiap hari kerjanya hanya memaksakan penjualan produknya ke kita bukan? Kalau kita ketemu orang seperti itu, pasti kita mute atau bahkan kita akan block mereka dari kontak kita karena sudah mengganggu waktu dan privasi kita. Disinilah Seni Soft Selling mulai beraksi.

Kita harus mampu melihat celah yang tepat untuk menawarkan produk atau jasa kita. Jadi penawaran yang kita berikan akan kita lakukan di saat yang tepat. Hal ini akan meningkatkan persentasi keberhasilan kita dalam menjual produk / jasa yang kita tawarkan. Mengapa hal ini bisa terjadi? Karena calon customer kita akan merasakan kenyamanan saat berkomunikasi sehingga kondisi hati mereka pun akan positif dan lebih terbuka untuk penawaran yang kita berikan. Hal ini memang membutuhkan waktu, tapi potensi deal transaksi / penjualan melalui metode ini akan sangat besar.

Soft Selling sangat efisien untuk dilakukan oleh kita yang baru terjun di Bisnis Dropship ini. Dikarenakan kita akan meminimalisir terjadinya penolakan saat kita berjualan. Karena tidak semua orang mampu merespons secara positif sebuah penolakan.

Create a Product !

Siapa yang tidak senang dengan suatu hal yang Gratis ? Tapi, apakah kalian sadar bahwa saat kalian bergabung dengan sebuah platform yang gratis itu, kalian adalah produk dari platform tersebut?

Ya, tanpa kita sadari kita adalah produk. Produk dari Facebook, Produk dari Tokopedia, Produk dari Whatsapp, Produk dari TikTok dan masih banyak lagi. Mengapa menjadi produk? Karena semua yang kita lakukan dan interaksi yang terjadi akan dianalisa dan dijadikan sebuah data yang mereka gunakan untuk nantinya dikembalikan kepada kita dan secara tidak sadar mereka mulai mengenakan harga untuk semua.

Saat kalian mengambil langkah untuk menjalankan bisnis dropship, maka waktunya kalian yang membuat produk. Ya, buat produk dari customer kalian. Pelajari apa yang mereka suka, berapa usia mereka, berada di lokasi mana dan lain lain. Dengan mempelajari hal ini, kita akan bisa melakukan penjualan dengan mudah. Mengapa? karena kita mengetahui persis apa yang mereka butuhkan dan kapan mereka butuh. Dengan lebih memahami customer kita maka kita juga akan otomatis bisa menguasai penjualan untuk kebutuhan mereka.

ATM ( Amati Tiru Modifikasi )

Saat kalian bergabung dengan INDOHP, maka kalian mendapatkan sebuah kesempatan besar untuk menjadi dropshipper sukses. Kunci utama dari suksesnya kalian menjalankan bisnis dropship ataupun bisnis lainnya adalah dari seberapa besar keinginan kalian untuk belajar. Salah satu metode yang sudah umum dilakukan oleh semua usaha adalah ATM. Amati, Tiru dan Modifikasi.

Kalian harus bisa melihat peluang-peluang dengan melakukan pengamatan. Kunci dari poin ini sama dengan poin sebelumnya dimana kita harus bisa mengamati dan memahami kompetitor kita. Saat mereka berjualan barang murah, coba amati pesaing itu. Lihat apakah harga yang menjadi kunci atau mungkin ada layanan lain yang mereka berikan? Atau malah mungkin mereka hanya memberikan False Testimonial atau testimonial palsu untuk memberikan rasa percaya kepada customer mereka?

Setelah kalian mengamati, ambil sisi positif dari kompetitor kita. Kita tiru hal yang positif dari pesaing kita. Apabila mereka memberikan pelayanan 24/7, berarti minimal kita bisa memberikan pelayanan yang sama. Setelah itu kalian lakukan modifikasi atau pengembangan sehingga layanan yang diberikan akan lebih baik lagi. Hal ini pasti tidak akan bisa kalian lakukan sendiri. Tapi lewat Platform INDOHP, hal ini akan menjadi kenyataan.

Bisnis Dropship merupakan sebuah bisnis yang unik. Banyak sekali hal yang bisa kita pelajari dan kembangkan dari bisnis ini. Kita belajar untuk mengambil keputusan, belajar mengambil resiko, belajar untuk memahami customer kita dan masih banyak lagi. Kesuksesan kita dalam berusaha akan kembali kepada diri kita masing-masing.

Seberapa besar keinginan kamu untuk menjadi sukses? Seberapa besar keinginan kamu untuk mendapatkan penghasilan yang besar? Siapkah kalian untuk Totalitas melakukan itu semua?

~ INDOHP