Apa Itu Hashtag?

Hashtag atau dalam bahasa Indonesia lebih dikenal dengan istilah tagar adalah sebuah kata yang diawali dengan tanda # pada dasarnya digunakan untuk memberikan tanda topik pada sebuah postingan di Sosial Media. Seiring dengan bergeraknya waktu, penggunaan hashtag ini menjadi sebuah barometer online. Seperti yang bisa kita lihat di Twitter, apabila Hashtag / Tagar tersebut sering di bicarakan orang, maka kita tahu bahwa topik tersebut sedang viral. Gimana caranya supaya hashtag ini bisa meningkatkan performa Bisnis Dropship kalian ? Yuk kita lanjutin ke langkah selanjutnya.

1 Hashtag Untuk Seluruh Sosial Media

Apapun Sosial Medianya tapi Hashtagnya tetap 1. Ya Konsep hashtag ini berlaku di seluruh Sosial Media besar yang ada saat ini seperti Facebook, Instagram, TikTok dan Twitter. Penggunaan hashtag yang tepat pada postingan kita akan memberikan dampak yang cukup signifikan ke performa post yang kita buat. Apalagi apabila kita buat post secara merata di seluruh Sosial Media yang ada untuk melihat, platform mana yang akan memberikan response terbaik untuk Bisnis Dropship kalian.

Pemilihan hashtag yang tepat membutuhkan effort supaya hasilnya maksimal. Jadi bukan berarti kita memasukan hashtag yang popupler dalam postingan kita akan otomatis membuat postingan viral. Karena tetap ada algoritma dari Sosial Media dan semakin kritisnya netizen sehingga saat ini konten yang tidak relevan dengan hashtag biasanya akan langsung di mark Spam oleh netizen yang melihat postingan tersebut. Jadi bagaimana cara yang benar untuk memilih serta menggunakan hashtag agar postingan kalian di Sosial Media bisa memiliki engagement yang baik?

1. Kenali Bisnismu

Kita pastinya gak bakalan bisa melakukan hal yang tepat kalau kita sendiri tidak paham dengan apa yang kita jalankan bukan. Sebelum kita memahami soal tata cara menggunakan Hashtag, hal pertama yang harus kita lakukan adalah memahmi bisnis yang kita jalankan. Dengan semakin memahami bisnis yang kita geluti maka otomatis hal-hal kreatif yang berhubungan dengan bisnis tersebut akan muncul di kepala kita.

Bisnis Dropship INDOHP sebagai contohnya merupakan bisnis yang mempermudah kalian untuk memulai usaha online kalian tanpa harus melewati proses administrasi yang rumit dan juga meminimalisir kalian dari jebakan penipuan online di bisnis serupa. Selain itu juga di INDOHP, kalian akan mendapatkan opsi tambahan berupa sistem Referral yang memberikan kalian kesempatan untuk mendapatkan extra komisi dengan memperkenalkan Bisnis Dropship INDOHP ke rekan kalian sampai menjadi Mitra.

Dengan memahami alur bisnis di INDOHP misalnya, kalian akan mulai tahu bahwa banyak sekali peluang dan konten yang bisa dibuat untuk Sosial Media post kalian.

2. Explore

Perdalam perbendaharaan kata di Sosial Media dengan melakukan eksplorasi secara konsisten sesering mungkin. Kamu pasti masih ingatkan soal stigma negatif apabila orang bermain Sosial Media mendapat anggapan bahwa mereka sedang bermain dan tidak bekerja. Dikarenakan perkembangan jaman dan teknologi yang luar biasa cepat, hal itu sudah tidak lagi berlaku. Kita perlu mengetahui apa yang terjadi di Sosial Media secara umum. Semakin kita sering melakukan eksplorasi maka kita akan semakin memahami lingkungan online kita.

Eksplorasi bisa dimulai dengan melakukan penelusuran Hashtag yang kira-kira berhubungan dengan Bisnis Dropship atau barang tertentu yang ingin kita promosikan. Kita lihat postingan-postingan yang dibuat oleh orang untuk dipelajari dan kita akan implementasikan semua yang positif di postingan yang akan kita buat. Selain itu juga kita akan mendapatkan inspirasi design serta konten yang lebih banyak lagi kalau kita semakin dalam melakukan eksplorasi di Sosial Media.

Akan tetapi ada satu sisi negatif yang terkadang membuat proses eksplorasi di Sosial Media ini bisa menjadi negatif. Dikarenakan banyak sekali kasus saat orang melakukan eksplorasi yang terjadi malah tidak melakukan eksplorasi untuk bisnisnya tapi malah melakukan eksplorasi untuk kepuasan dirinya sendiri. Untuk memastikan hal ini tidak terjadi, pastikan kalian seudah menentukan apa saja yang mau di pelajari dan beri waktu eksplorasi dan bagi menjadi beberapa bagian. Dengan trik ini kita bisa memastikan bahwa eksplorasi kita bisa berjalan dengan baik.

3. Hashtag Grouping

Salah satu konsep yang cukup menarik adalah Hashtag Grouping dimana kalian menggunakan HashTag yang secara relevan dengan induk usaha kalian. Jadi saat kamu mau membuat sebuah posting tentang jualan barang kamu di Instagram kamu bisa coba gunakan hashtagh #INDOHP #WeAreINDOHP sebagai contohnya. Dengan semakin banyak penggunaan hashtag tersebut maka secara otomatis postingan kalian akan semakin tersorot dan kalian juga berkesempatan untuk mendapatkan referal.

Terkadang kita merasa khawatir untuk menggunakan hashtag grouping ini karena takut nanti transaksinya tidak terjadi di tempat kita. Hal ini tidak sepenuhnya benar, karena pada umumnya orang akan tetap menggunakan postingan awal sebagai referensi dan kemungkinan melakukan transaksi juga di postingan yang pertama dia lihat. Di INDOHP, setiap harinya selalu ada ads yang digunakan untuk mempromosikan 2 hashtag di atas. Jadi kalian bisa menggunakan hashtag tersebut dan mendapatkan free promo Bisnis Dropship INDOHP.

Apabila kalian mempromosikan salah satu merk barang yang kalian jual, kalian bisa juga menggunakan hashtag perusahaan tersebut, sebagai contoh apabila kita jual produk iPhone maka kita bisa gunakan hashtag #apple untuk bisa menunjukan relevansi dengan produk yang kita pasarkan dan tentunya membuat orang-orang yang mengikuti hashtag tersebut sadar akan kehadiran kita sebagai penjual produk.


Poin – poin di atas dapat kalian gunakan sebagai panduan dasar untuk lebih bisa memahami Hashtag dan menggunakannya secara optimal di postingan kamu. Yang pasti tidak ada hal yang instan di dunia teknologi, jadi pastikan kalian terus melakukan eksplorasi dan tetap kembangkan pengetahuan kalian. Investasi waktu kalian di Bisnis Dropship INDOHP tidak akan menjadi sebuah hal yang sia-sia karena kedepannya, E-Commerce akan terus semakin berkembang dan kita harus bisa siap berkompetisi di ketatnya persaingan di dunia online ini.

Etika dalam melakukan postingan dan penggunaan hashtag juga harus di biasakan. Tidak masalah apabila kita menggunakan hashtag yang sedang trending untuk mempromosikan postingan kita akan tetapi harus di imbangi dengan hashtag lain yang relevan sehingga bobot valuasi postingan tersebut akan semakin bertambah. Teknik penempatan hashtag juga bisa kalian pelajari seperti memasukan Hashtag tersebut dalam satu kalimat di deskripsi kalian tanpa harus memisahkan hashtag tersebut di paragraf khusus. Hal ini juga bisa membantu meningkatkan valuasi postingan kita dan secara tidak langsung meningkatkan kepercayaan dari para netizen yang melihat postingan kita.

Satu hal yang paling penting juga untuk masukkan dalam membuat konten, tetap lah otentik dan unik. Usahakan apa yang kamu kreasikan benar-benar berasalah dari pemikiran dan pemaham kamu. Karena konten yang unik dan berbeda memiliki valuasi lebih tinggi di algoritma Sosial Media dan mesin pencarian. Percuma kan, banyak follower dan banyak engagement tapi minim konversi? Topik ini akan di bahas di artikel INDOHP selanjutnya ya. Silahkan bagikan postingan ini apabila bermanfaat untuk kalian.