Siapa yang tidak tau aplikasi dengan pengguna terbanyak yang satu ini, yap Instagram. Instagram adalah salah satu aplikasi sosial media terpopuler di Indonesia. Aplikasi yang digunakan untuk membagikan foto, tidak hanya sampai disitu, aplikasi ini juga banyak dipergunakan untuk memperluas jaringan pertemanan. Bahkan aplikasi Instagram sekarang ini juga telah banyak dimanfaatkan untuk bisnis dengan cara jualan online di Instagram.
Menurut hasil survei, Indonesia menjadi salah satu negara dengan persentase pengguna terbesar dalam menggunakan aplikasi Instagram. Dengan adanya fitur-fitur yang tersedia di Instagram, kamu bisa memperoleh informasi sebuah produk, merek atau brand yang kamu inginkan dengan mudah. Beberapa pebisnis online juga menerapkan Instagram menjadi akses mereka untuk jual beli online dan memberikan informasi terkait produk yang mereka jual.
Nah, lalu apa saja fitur-fitur yang bisa dipergunakan untuk menunjang bisnis online kamu melalui Instagram. Kali ini INDOHP akan membagi beberapa informasi mengenai fitur-fitur instagram yang bisa kamu gunakan untuk bisnis online.
Instagram Insight

Fitur dari Instagram yang pertama adalah Instagram insight, fitu ini dapat membantu pebisnis di Instagram untuk melihat berbagai informasi mengenai konten yang kamu posting, mengetahui berapa jumlah interaksi yang terjadi pada akun Instagram kamu, serta mengetahui data diri seperti jenis kelamin, usia, dan lain sebagainya.
Manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan memaksimalkan penggunaan instagram insight salah satunya yaitu kamu bisa menentukan target audience untuk melakukan jasa iklan pada bisnismu. Dengan mengetahui informasi tersebut kamu juga akan bisa menentukan minat konsumen. Sehingga kamu bisa menentukan pemasaran apa saja yang dapat menarik perhatian calon pembeli.
Beberapa menu yang ada pada instagram insight yang bisa kamu manfaat sebagai berikut:
1. Content
Melalui Menu ini, kamu dapat melihat informasi mengenai konten yang kamu posting. Misalnya mengetahui berapa banyak yang melihat sebuah konten yang kamu posting di feed atau pun stories, berapa orang yang sudah membagikan (share) postingan kamu, berapa banyak akun yang menyimpan postingan kamu dan informasi konten lainnya.
2. Activity
Disini kamu dapat mengetahui berapa jumlah interaksi yang terjadi pada akun bisnis kamu. Misalnya berapa kali followers kamu mengklik tombol website, berapa jumlah jangkauan konten yang kamu posting, berapa kali profil bisnismu dikunjungi oleh orang lain, berapa kali followers mengklik tombol email serta tombol call di menu kontak.
Selain itu, kamu juga dapat mengetahui berapa jumlah akun Instagram yang berhasil dijangkau oleh konten yang kamu unggah dan berapa jumlah tayangan keseluruhan yang kamu dapatkan dari konten yang kamu posting.
3. Audience
Pada menu ini kamu akan memperoleh data mengenai followers. MIsalnya mengetahui jenis kelamin, usia, dan geografis mereka. Kamu juga dapat mengetahui kapan waktu followers kamu mengakses akun Instagram kamu.
Instagram Stories

Fitur Instagram stories adalah fitur yang digunakan untuk membuat konten stories semenarik mungkin. Biasanya pelaku bisnis akan menggunakan fitur Instagram stories untuk memberikan informasi promo atau informasi produk yang mereka jual. Stories tersebut bisa dilihat oleh siapa saja diseluruh dunia dan memungkinkan penguna membangun percakapan kepada pelanggan melalui fitur reply stories.
Fitur Instagram stories juga dapat dilakukan memberikan informasi dan menghubungkan Instagram dengan website toko online. Sekarang ini Instagram stories juga telah dapat dipegunakan sebagai media untuk mengiklankan produk-produk yang kamu jualkan.
Instagram Auto Reply

Konsumen di Indonesia sangat senang melakukan interaksi denfan penjua melalui fitur chat. Meskipun kadang informasi sudah tertera di profil Instagram bisnis online tersebut, namun rata-rata calon pembeli tetap melakukan proses komunikasi melalui chat untuk mendapatkan informasi produk secara detail.
Tapi, kendala yang biasa terjadi jika bisnis onlinemu sudah semakin berkembang, banyak para pelanggan yang tidak terbalas pesannya dikarenakan tumpukan pesan yang masuk. Oleh karena itu Instagram meluncurkan sebuah fitur dimana pesan yang masuk ke akun Instagram kamu bisa terbalas dengan otomatis. Fitur tersebut adalah Instagram auto reply yang dapat dipergunakan untuk memudahkan dan membuat proses komunikasi semakin efektif dengan fitur balas cepat (auto reply).
Instagram Shopping

Fitur terakhir dari Instagram yang bisa kamu gunakan untuk bisnis online kamu adalah Instagram shopping. Instagram shopping adalah sebuah fitur Instagram yang akan membantu konsumen mengetahui harga barang yang dijual di Instagram secara langsung tanpa perlu berkunjung ke website hanya untuk mengecek harga.
Fitur Instagram di mana sebuah pengguna dapat menampilkan tag atau penada produk pada post Instagram mereka. Instagram shopping mempermudah pengunjung yang ingin berbelanja. Saat gambar ditap, akan muncul nama dan harga produk sehingga audience dapat berinteraksi langsung di dalam aplikasi Instagram.
2 comments