Hii semuaaa, balik lagi sama mimin nih. Ngga bosan-bosan mimin buat sharing tentang tips dan trik berjualan ke kamu.
Kamu tahu ngga sih, pengguna internet yang menembus 10 besar terbanyak di dunia itu Indonesia lho. Tentunya sudah menjadi rahasia umum bahwa Indonesia adalah salah satu negara dengan penyumbang pengguna internet terbesar di dunia.
Berkembangnya sosial media di Indonesia juga menjadi salah satu pengaruhnya. Nah selain menjadi media untuk berinteraksi jarak jauh, sosial media juga sering dijadikan tempat untuk mempromosikan bisnis bagi tiap tiap pengusaha baik dari segi jasa maupun berbentuk barang dagang.
Keuntungan Promosi Menggunakan Akun Bisnis di Instagram
Instagram adalah salah satu media sosial yang banyak sekali penggunanya dari berbagai negara. Instagram sendiri adalah sebuah aplikasi berbagi foto dan video yang memungkinkan pengguna untuk mengambil foto, mengambil video, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial, termasuk juga dengan milik Instagram sendiri.
Dengan adanya aplikasi Instagram ini para pengusaha/pebisnis akan dimudahkan dalam proses promosi melalui sosial media atau secara online. Bagaimana tidak, Instagram dapat menjangkau target yang diinginkan tentunya dengan algoritma yang sudah mereka sediakan. Instagram menyediakan fitur yang sangat membantu bagi para pebisnis diantaranya fitur kontak dan alamat, informasi kategori bisnis.
Nah, langsung aja mimin jabarkan untuk beberapa keuntungan promosi menggunakan akun bisnis di Instagram.
1. Sistem Promosi Praktis

Instagram menyediakan fitur promote untuk menjadikan postingan sebagai ads atau iklan di aplikasi instagram. Adanya ads ini tentunya bisa memudahkan kamu untuk menjangkau atau menjalin hubungan dengan para calon customer.
Kamu pastinya bisa memilih target audience dan memperbolehkan Instagram untuk menyarankan target audience sesuai dengan produk atau jasa yang di tawarkan, yang nantinya mereka akan menjalankan iklan kami selama periode yang sudah kamu setting.
2. Adanya Informasi Kategori Bisnis

Akun bisnis di Instagram tentunya berbeda dengan akun pribadi, profil bisnis biasanya bisa menampilkan informasi kategori bisnis di bawah nama profil. Adanya fitur untuk kategori bisnis ini akan membuat akun terlihat lebih professional dan secara langsung memberi tahu terkait bisnis kamu.
Adanya fitur kategori akun bisnis Instagram ini tidak hanya untuk bisnis dalam bentuk dagang saja, tetapi juga untuk profesi lainnya. Kamu juga bisa menghubungkan Instagram bisnis dengan halaman Facebook lho, maka secara oromatis kategori ataupun postiangan akan berjalan bersamaan.
3. Insight Bisnis Analisis Target Pasar
Tidak seperti akun pribadi, akun bisnis memiliki gambaran atau insight pengunjung yang dapat kamu lihat sebagai bahan pertimbangan dari suatu promosi atau postingan lho.
Dengan adanya informasi-informasi ini, kamu tentunya akan bisa lebih mengenali lebih tentang perilaku ( behaviour) dan juga demografis audience. Dengan begitu, kamu bisa membuat konten yang lebih relevan dan sesuai dengan aapa yang diinginkan oleh audience.
Waktu Terbaik untuk Posting Dagangan Kamu di Instagram
Oke kita kembali ke laptop, kali ini mimin mau bagi-bagi tips waktu yang tepat untuk promosikan dagangan kamu di Instagram, yuk simak!
1. Siang Hari & Weekday
Kalau kamu mau posting dagangan kamu di hari kerja, kamu bisa posting pada pagi hari sebelum jam kantor dimulai. Banyak orang yang beranggapan bahwa jam pagi ini kurang efektif, padahal pagi hari ini justru adalah momen dimana para pengguna aktif karena biasanya orang akan menyempatkan diri membuka handphone sebelum memulai pekerjaannya untuk melihat informasi atau update terbaru.
Sedangkan seusai jam kerja, banyak pengguna Instagram yang memeriksa timeline saat perjalanan pulang, apalagi bagi yang terjebak di kemacetan atau pulang menggunakan transportasi umum. Tidak hanya itu, begitu merebahkan diri entah di sofa atau kasur, seseorang pun biasanya akan langsung mengecek Instagram untuk menyegarkan pikiran sejenak.
2. Sore Hari Menjelang Malam
Yup! Karena pada jam-jam ini, orang yang baru pulang kerja akan menyempatkan waktu untuk bermain Instagram sebelum melepas penat dan mulai beristirahat. Pukul 19.00 hingga 21.00 juga merupakan waktu terbaik, karena pada pukul ini orang sedang bersantai dan menulusuri medsos.
Selain itu tips berikutnya untuk memposting jualan di Instagram adalah jangan hanya post satu kali postingan saja dalam satu hari, tetapi lakukan posting minimal 3x dalam sehari. Yang paling penting adalah kamu harus memperhitungkan target audience kamu terlebih dahulu, baik dari segi umur, gender sampai dengan kota atau tempat tinggal.
Jadi itu dia gengs waktu waktu yang bisa kamu tandai sebagai waktu optimal untuk post di media sosial Instagram. Dengan mengikuti waktu waktu yang sudah di jelaskan, harapannya adalah bisa mendapatkan engagement dari tiap postingan jualan kamu tentunya.