Transaksi Online Terdampak Corona?

Virus Corona yang sejak akhir Desember sudah mulai menggerogoti roda perekonomian dunia. Hal ini dapat kita lihat dari banyaknya sektor usaha konvensional mengalami penurunan kinerja yang luar biasa besar dikarenakan penyebaran virus yang sangat cepat. Banyak Dropshipper kami bertanya terkait dampak dari virus ini ke transaksi penjualan online atau tidak.

Pada dasarnya transaksi online mengalami dampak juga dari adanya Virus Corona ini. Dampak yang terjadi bukan dari menurunnya minat orang untuk bertransaksi lewat marketplace, akan tetapi dari sektor Supply Chain. Para vendor / distributor yang memasarkan barangnya lewat online tetap terkena dampak, karena mereka membutuhkan SDM secara fisik untuk bisa memproduksi barang yang akan dipasarkan nantinya. Inilah mengapa Virus Corona memiliki dampak cukup signifikan juga di transaksi online.

Etika Transaksi di Tengah Wabah Virus Corona

Dengan terganggunya alur produksi barang maka otomatis pasokan barang ke customer akan menurun dan tidak sesuai dengan permintaan pasar. Dengan hal ini maka hukum ekonomi akan berlaku dimana harga akan naik karena permintaan barang lebih besar daripada supply barang. Akan tetapi disini ada etika atau aturan yang seharusnya sudah ditentukan oleh pemerintah untuk mencegah melambungnya harga di atas harga wajar

Seperti sama-sama kita lihat bahwa harga kebutuhan medis saat ini mengalami kenaikan yang sangat tidak wajar dan hal ini berlaku hampir di seluruh dunia. Kenaikan ini bukan karena benar-benar terjadinya penurunan stok, akan tetapi terjadinya penimbunan stok yang dimanfaatkan oleh oknum melihat situasi yang sedang ada di dunia. Sangat disayangkan situasi yang dimanfaatkan ini berhubungan dengan kesehatan dan kelangsungan hidup manusia di tengah virus corona yang mewabah ini.

Bisnis Dropship yang menjual produk masker, disinfectan dan hand sanitizer juga mengalami peningkatan penjualan yang cukup masif. Akan tetapi sekali lagi kembali disayangkan dengan penimbunan barang di saat orang lain benar-benar membutuhkan barang tersebut untuk melawan penyebaran virus ini.

Cara Mengatasi Dampak Corona di Bisnis Dropship

Seperti kita semua ketahui, saat ini ada beberapa manufaktur / distributor yang mulai memperlamban produksi barang mereka yang berujung pada berkurangnya supply barang di pasaran. Di waktu yang tidak menentu ini ada beberapa cara positif yang dapat kita lakukan untuk memastikan bisnis kita tetap berjalan dengan baik dan mendapatkan hikmah dari kejadian ini.

Dengan adanya instruksi Work From Home, maka peluang bisnis dropship merupakan peluang yang sangat menggiurkan, dimana kamu bisa melakukan usaha tanpa harus repot keluar rumah. Dengan memilih penyedia layanan dropship yang tepat, kamu bisa mengalami dampak minimal dari kejadian ini.

1. Eksplorasi Produk

Manfaatkan waktu seperti ini untuk melakukan eksplorasi produk. Mencari produk / distributor yang kompeten serta mempelajari potensi barang yang dapat dijual. Mungkin hal ini tidak sempat kamu lakukan sebelumnya karena rutinitas yang padat, maka saat ini kamu bisa ambil saat ini untuk melakukannya.

2. Belajar Online

Ya betul, belajar onlline untuk memperdalam kemampuan kamu dalam bisnis dropship. Terkadang banyak orang merasa setelah menjalankan sebuah bisnis mereka sudah mulai malas untuk belajar dan akhirnya kalah dalam persaingan bisnis. Sama seperti bisnis dropship yang ada, kita harus terus melakukan pembelajaran baik itu mulai dari teknik pemasaran, pendistribusian bahkan untuk hal-hal lain seperti sosial media management. Untuk kamu yang mau meningkatkan ilmu bisnis dropship kamu, silahkan bergabung di Webinar INDOHP dengan melakukan reservasi melalui Customer Experience kami melalui WhatsApp 081283970066. Webinar INDOHP ini GRATIS tidak dipungut biaya sama sekali.

3. Evaluasi Transaksi

Melakukan evaluasi transaksi selama ini dapat memberikan pandangan baru terhadap bisnis kamu. Hal ini dikarenakan, kamu akan lebih paham barang apa saja yang dapat terjual dengan cepat, berapa lama proses yang dibutuhkan untuk menyelsaikan satu buah transaksi. Dengan adanya statistik tersebut, kamu nanti akan bisa lebih siap melakukan penetrasi di bisnis dropship. Momen kebangkitan ekonomi setelah imbas Corona ini akan berlangsung cukup cepat, maka manfaatkan semaksimal mungkin supaya kita semua bisa ikut dalam momen kebangkitan Ekonomi.

4. Keluarga

Jangan lupa Keluarga adalah faktor paling penting dari ini semua. Apa yang kita perjuangkan selain kembali pada diri sendiri, maka akan kembali pada keluarga kita. Manfaatkan waktu Work From Home ini untuk menjalin kembali komunikasi-komunikasi yang mungkin terputus sebelumnya. Dengan mengadakan makan siang bareng, bermain dan belajar bersama yang akan meningkatkan ikatan dalam keluarga. Keluarga yang bahagia akan membawa kemudahan bagi bisnis dropship kedepannya, karena semua kita lakukan dengan hati yang penuh syukur dan bahagia

#BERSATUBERSAMA

Walau saat ini seluruh dunia sedang dalam ujian terberatnya karena dampak dari Pandemic Corona. Mari kita sebagai bangsa Indonesia bersama-sama bekerjasama untuk dapat melewati saat-saat sulit ini dengan baik. Manfaatkan setiap moment yang ada dengan kegiatan yang positif yang nantinya akan memberikan impact positif di bisnis anda.