Jika berbicara mengenai brand, tentunya kamu sudah tidak asing lagi dengan kata yang satu ini. Yup, brand sendiri di dalam dunia merupakan suatu image atau persepsi tentang produk atau jasa yang kamu miliki. Bisa dikatakan brend adalah segala hal yang berkaitan dengan perusahaan, produk, layanan, baik yang terlihat maupun tidak.
Brand sendiri telah menjadi salah satu hal yang diperhatikan dan dipromosikan dengan baik karena merupakan salah satu kunci dari keberhasilan bisnis.
Lalu, bagaimana dengan brand identitu? Apa perbedaan antara brand dan brand identity?
Kali ini INDOHP akan kembali berbagi sedikit ilmu mengenai brand identity untuk kamu semua pembaca setia blog INDOHP agar bisa mengetahui dan memahami apa itu brand identity dan kenapa hal ini menjadi penting di dalam dunia bisnis.
Berbeda dengan brand, brand identity adalah wajah dari sebuah brand itu sendiri. Jadi segala jenis elemen dari brand yang meliputi penyampaian karakter, koitmen, dan nilai produk sebuah perusahaan atau produk agar dikenal oleh konsimen melalui aspek warna, simbol dan sebagainya. Seperti namanya brand identity yang bisa dikatakan dengan sebuah identitas dari brand tersebut.
Sebagai contoh seperti, kamu sedang pergi ke mini market untuk membeli minuman ringan dan kamu bisa mengetahui sebuah brand minuman yang ingin kamu beli hanya dengan melihat dari kemasan atau warna dari minuman tersebut.
Komponen visual, baik itu logo, tifografi, warna hingga packaging adalah pembentukan brand identity yang paling menonjol dengan alasan, karena secara psikologis manusia akan lebih mudah mengingat secara visual.
Namun, mengapa hal ini menjadi penting di dalam dunia bisnis, mari kita simak sama-sama.
Kenapa Brand Identity Penting Dalam Bisnis?

Sebenarnya ada banyak faktor kenapa brand identity adalah ha yang harus diterapkan dengan baik dalam bisnis.
Berikut INDOHP telah merangkum 4 manfaat dari penggunaan brand identity dalam bisnismu.
1. Meningkatkan Kepercayaan Konsumen
Dengan memiliki brand identity yang tepat dan menarik, tentunya konsumen juga akan lebih percaya karena menilai produk atau jasa yang kamu miliki berkualitas.
Jika kamu sudah mendapatkan kepercayaan dari konsumen, kamu bisa mendapatkan banyak pelanggan. Terlebih lagi jika pelanggan tersebut memiliki pengalaman yang baik dengan produk atau jasa yang kamu pasarkan
Dengan begitu pelanggan bisa saja dengan sukarela merekomendasikan bisnis kamu kepada teman-temannya atau lebih banyak lagi.
2. Bisnis akan Terlihat Lebih Kredibel dan Profesional
Berhubungan dengan poin sebelumnya, dengan memiliki konsumen yang mempunyai kepercayaan besar mereka akan semakin loyal terhadap brand yang kamu miliki.
3. Membangun Loyalitas atau Kesetiaan Konsumen
Kali ini masih berhubungan dengan poin nomor dua, dengan memiliki konsumen yang besar kepercayannya maka semakin loyal mereka terhadap brand milikmu. Tapi, tentunya untuk mencapai semua ini, kamu butuh menjaga kualitas produk yang kamu tawarkan.
Jangan sampai hanya pada awalnya saya bagus, namun selanjutnya layanan yang kamu berikan malah mengalami penurunan. Dengan selalu menjaga kualitas produk atau layanan kamu akan dapat mendapatkan loyalitas dan kesetiaan dari setiap pelanggan.
4. Memperluas Target Pasar dan Distribusi
Dengan memilik brand identity yang kuat, tidak menutup kemungkinan kalau produk/jasa kamu akan menonjol dibandingkan yang lainnya. Jika brand identity dari produk yang kamu punya telah terbentuk walaupun banyak produk atau jasa lainnya di pasaran, tapi konsumen akan selalu mengingat produk atau jasa yang kamu miliki.
Tidak hanya itu, distributor dari berbagai produ atau jasa yang besar, bisa saja menawarkan untuk melakukan kolaborasi atau kerjasama. Dalam dunia bisnis sendiri, kolaborasi adalah hal yang penting dan efektif dalam memperluas pasar