Kata Dropship sudah sangat kental di telinga masyakarat Indonesia. Dropship merupakan sebuah peluang bisnis yang memanfaatkan teknologi digital. Para Dropshipper ( Panggilan untuk orang yang melakukan usaha Dropship ) memanfaatkan marketplace sebagai ladang penghasilan mereka. Sampai tahun 2020 ini peluang bisnis dropship tetap terbuka lebar dimana semakin di permudahnya proses transaksi dan logistik saat ini.

Bagaimana bisnis dropship ini bekerja? Dalam setiap proses transaksi dropship akan selalu melibatkan 3 pihak yaitu pembeli, penjual dan distributor. Pembeli akan membeli barang dari Penjual lewat Marketplace / Platform sejenis dan pesanan tersebut akan diteruskan oleh penjual ke Distributor yang nantinya oleh distributor akan dikirim ke Pembeli menggunakan nama Penjual. Untuk lebih mudahnya kita bisa lihat gambar dibawah ini.

Visualisasi Skema Dropship

Peluang di bisnis dropship ini memang cukup menggiurkan dan dapat dilakukan hampir oleh semua kalangan dan dapat dilakukan dari rumah atau dijalankan sebagai pekerjaan sampingan.. Dikarenakan hal itu, seluruh kalangan masyakarakat banyak sekali tertarik untuk memulai bisnis dropship ini.

Memulai Usaha Dropship

Untuk memulai usaha dropship, pastikan kamu sudah terlebih dahulu paham beberapa konsep dasar ini sebelum memulai :

  • Mengetahui cara memposting produk ke marketplace
  • Mengetahui cara packing barang yang baik
  • Mengetahui cara pengiriman produk melalui agen pengiriman

Dengan menguasai poin-poin di atas, maka kamu sudah bisa memulai usaha dropship kamu sendiri. Salah satu pertanyaaan yang sering muncul adalah bagaimana mendapatkan barang yang dapat dijual kembali. Bagian ini membutuhkan usaha yang lebih banyak dikarenakan mengharuskan kita mencari orang yang mau bekerjasama dengan kita untuk memasarkan produk mereka di akun marketplace / tempat kita.

Selain poin diatas, pastikan kamu juga sudah melakukan survey mengenai produk apa yang ingin dipasarkan serta potensi market yang ada. Sebisa mungkin pilih jenis barang yang memang kamu juga tertarik atau suka, hal ini akan membantu kamu kedepannya untuk lebih mudah memasarkan dikarenakan ada ketertarikan secara pribadi dari kamu terhadap barang yang akan kamu jual. Jadi apabila kamu tertarik dengan handphone, maka kamu bisa mulai mencari distributor handphone & aksesoris yang bisa kamu ajak kerjasama dan memulai usaha kamu.

Hal-hal diatas dapat menjadi kendala saat kamu baru mau memulai usaha dropship ini. Kesulitan dalam mencari supplier dan juga keterbetasan pengetahuan kamu terkait pemasaran secara online dapat menjadi batu sandungan kamu dalam mengambil langkah untuk memulai bisnis dropship ini. Akan tetapi hal-hal tersebut saat ini sudah bisa disolusikan melalui platform dropshipper yang sudah mulai tumbuh juga di Indonesia. Jadi kamu bisa mengambil langkah apakah memulai usaha dropship ini secara mandiri atau memanfaatkan platform dropship seperti Platform Dropship INDOHP yang akan mempermudah kamu mengurus permasalahan yang mungkin akan mempersulit kamu di kemudian hari.

Marketplace VS Sosial Media

Riset yang di ambil oleh Tirto.id / Gambar Milik Tirto.id

Setelah mengambil metode apa yang akan kamu gunakan untuk memulai bisnis dropship kamu, sekarang kamu akan dihadapkan dengan pilihan selanjutnya. Dimana kamu akan memasarkan produk dropship kamu ? Jawaban yang paling umum yang akan kamu temukan adalah menjual produk dropship kamu melalui Marketplace atau menjual produk melalui Sosial Media.

Setiap platform memiliki kelebihan masing-masing. Apabila kondisi kamu mampu mengoptimallkan keduanya, hal ini akan jauh lebih baik akan tetapi berdasarkan pengalaman kami, fokus pada salah satu platform saja sudah akan menyita cukup banyak perhatian kamu. Jadi mulailah dengan memilih salah satu platform yang akan kamu prioritaskan untuk pertama kali sehingga kamu bisa mendapatkan ROI dalam waktu cepat.

Penjualan melalui Marketplace merupakan salah satu opsi yang cukup populer dikarenakan banyak sekali orang yang sudah terbiasa berbelanja lewat marketplace saat ini. Akan tetapi kepopuleran marketplace ini sendiri tidak berarti tanpa kekurangan. Hal umum yang kita sadari dari marketplace ini adalah memasarkan barang semurah mungkin tanpa memikirkan faktor lainnya. Hal ini menjamur cukup lama di marketplace, apalagi didukung dengan tingginya potongan harga / cashback yang ditawarkan dari para penyedia e-money di Indonesia. Maka banyak sekali supplier melakukan pemotongan harga gila-gilaan yang mengakibatkan persaingan dimarketplace terkadang menjadi tidak sehat dan tidak adil.

Berbanding terbalik, pemasaran melalui Sosial Media sendiri tetap memiliki segmen pasar juga. Hal ini dikarenakan masih banyak orang di Indonesia menyukai cara konvensional dalam bertransaksi. Salah satu hal yang sering menjadi tantangan dalam memasarkan di Sosial Media adalah bagaiamna cara agar postingan produk kita mendapatkan atensi dari pembeli yang berpotensi. Selain masalah postingan, dengan tidak adanya dukungan metode pembayaran terkadang transaksi di Sosial Media juga membutuhkan tingkat kepercayaan yang tinggi yang harus dibangun antara kamu dengan calon pembeli.

Dalam hal ini penggunaan Platform Dropship akan bisa membantu kamu untuk mempermudah kamu memulai bisnis dropship kamu. Salah satu opsi yang bisa kamu gunakan adalah melalui Platform Dropship INDOHP. Dimana lewat platform ini selain kamu mendapatkan sebuah sistem dropship yang sudah matang, kamu juga akan mendapatkan bimbingan serta pelatihan secara langsung tanpa teori-teori. INDOHP percaya bahwa dengan membangun interaksi yang aktif antara Dropshipper, Vendor dan Platform akan membuat sebuah ekosistem yang sangat positif bagi semua pihak.

Apa Kamu Siap Untuk Jalanin Bisnis Dropship?

Platform Dropship INDOHP merupakan salah satu opsi untukmu

Sekarang pertanyaan akan kembali ke kamu. Apakah kamu siap untuk menjalankan bisnis dropship ini ? Yang pasti dibutuhkan niat dan dedikasi yang tinggi untuk memastikan bisnis kalian dapat berjalan dengan baik dan terus berkembang.

Saat kalian terjun ke bisnis dropship, jangan lupa untuk ikut aktif dalam komunitas dan kegiatan-kegiatan positif lainnya seperti Webinar, Q&A serta Pelatihan Langsung yang biasanya di adakan oleh INDOHP secara rutin setiap minggunya. Dengan berbekal pengetahuan dasar tadi, ditambah dengan pelatihan secara langsung. Kami yakin kalau kamu pasti bisa menjadi dropshipper yang sukses dan dapat meraih impian kamu.

Q&A INDOHP dapat kamu ikuti di akun instagram offiial @indohp.official setiap harinya pukul 19.00 WIB. Selain itu INDOHP juga mengadakan pelatihan langsung untuk kalian yang berdomisili di Jabodetabek. Jadi kalau mau mulai Bisnis Dropship, pastikan kalian mengikuti pelatihan dropship ini secara gratis yang di adakan oleh INDOHP khusus untuk kalian yang tinggal di Jabodetabek. Info lebih lengkap kalian bisa langsung menghubungi Customer Service INDOHP melalui Whatsapp di 081283970066.

Buat kamu yang berdomisili di luar Jabodetabek gak perlu berkecil hati. INDOHP juga mengadakan webinar gratis setiap minggunya. Untuk jadwal Webinar kalian cukup follow akun instagram INDOHP dan lakukan reservasi melalui Whatsapp, karena batas peserta yang diperbolehkan ikut Webinar setiap minggunya hanya 25 Orang.

Jangan ragu lagi untuk memulai Bisnis Dropship mu sekarang. Ikuti terus artikel dari INDOHP selanjutnya yang akan membahas lebih banyak terkait tips & trick pemasaran online maupun cara memaksimalkan omset kalian secara maksimal. Dan satu hal lagi, semua ini kamu bisa dapat GRATIS tanpa biaya sepeserpun. Dapatkan informasi lebih lagi dengan bergabung menjadi dropshipper INDOHP.