Hi Mitra INDOHP, kamu sudah pasti pernah mendengar istilah digital marketing atau bahkan mungkin sudah merasa melakukan digital marketing. Apalagi sejak maraknya media sosial digunakan oleh banyak orang.
Kata ini tentunya sudah tidak asing lagi di telinga para pelaku UKM yang memiliki bisnis, khususnya bisnis online. Namun banyak pelaku UKM yang mengira digital marketing itu hanya sebatas saat mereka bermain di sosial media untuk mempromosikan usaha mereka.
Tentunya digital marketing itu tidak hanya sebatas media sosial saja. Media sosial sendiri, hanyalah salah satu dari banyaknya strategi ataupun tips digital marketing yang ada.
Lalu, bagaimanakah menjalankan digital marketing yang baik dan benar untuk UKM?
Kali ini INDOHP akan membagi tipsnya, yuk simak 5 Tips Digital Marketing untuk UKM.
Apa Itu Digital Marketing?

Sebelum kita masuk ke tips bagaimana menjalankan digital marketing, alangkah baiknya untuk para Mitra INDOHP dan para pembaca sekalian untuk mengetahui dahulu apa itu digital marketing.
Digital marketing sebenarnya adalah langkah-langkah atau upaya marketing yang menggunakan media digital sebagai cara untuk memasarkan produknya.
Jadi, bisa dikatakan digital marketing bukan hanya melakukan promosi produk yang kita miliki di media sosial.
Adapun kelebihan-kelebihan dari digital marketing yang bisa dirasakan para pelaku UKM antara lain.
- Menjangkau target pasar yang lebih luas
- Biaya yang dikeluarkan akan lebih kecil dan efektif
- komunikasi dua arah dengan calon pembeli akan lebih mudah
- Dapat menjangkau target konsumen spesifik dengan mudah
- Bisa diadaptasikan ke semua jenis atau industri bisnis
Setelah mengetahui secara umum perihal digital marketing, sekarang mari bahas tips digital marketing yang bisa dilakukan UKM.
1. Membuat dan Memanfaatkan Akun Google Bisnis
Sebenarnya google sendiri menyediakan khusus untuk kamu yang memiliki bisnis. Akun ini berguna untuk mempermudah calon konsumen mengetahui informasi lengkap tentang bisnis yang kamu jalankan.
Misalnya, info nama bisnis secara lengkap, alamat perusahaan, nomor telepon, email, nama website, review hingga jam operasional. Jadi, saat konsumen mencari nama kamu di Google search engine, info-info ini akan ditampilkan dan tentu saja ini akan sangat berguna, karena konsumen jadi terpapar informasi perihal bisnis yang kamu miliki.
2. Membangun Sebuah Situs Usaha
Tips selanjutnya adalah membuat sebuah situs atau website untuk bisnis kamu. Menjalankan digital marketing tanpa memiliki aset digital seperti website, akan kurang efektif. Karena, tidak hanya digunakan sebagai identitas online, tetapi kamu juga bisa membangun reputasi online yang profesional melalui sebuah website.
Tidak hanya itu, kamu juga dapat memasukan beragam informasi tentang produk atau jasa dari usaha yang kamu miliki. Sehingga konsumen akan lebih mengetahui info tersebut, dan memutuskan untuk membeli produk atau memakai jasa yang kamu sediakan.
3. Kenali Target Audience dengan Menciptakan Buyer Persona
Memiliki buyer persona menjadi tips digital marketing yang penting dilakukan, supaya kamu bisa mengenal dengan baik target audiens dari usaha kamu.
Apa itu Buyer Persona?

Buyer persona bisa dikatakan sebagai tokoh fiktif yang dengan sengaja diciptakan dengan karakteritik tertentu, yang mewakili sebagai konsumen suatu produdk. Buyer persona ini mewujudkan siapa konsumen yang paling tepat untuk produk kamu, bagaimana kepribadian, bagaimana sifatnya, bahakan bagaimana ia akan mengambil keputusan.
Lebih mudahnya, bisa dikatakan buyer persona adalah bayangan tentang siapa konsumen produk kamu. Kamu sebagai pemilik produk, yang paling mengerti detail produk kamu sendiri, adalah orang yang paling munkin untuk membayangkan siapa konsumen yang paling tepat untuk produk kamu.
Kenapa buyer persona penting?
Dengan memiliki buyer persona, akan membantu kamu lebih memahami pelanggan serta calon pelanggan. Kamu bisa memastikan bahwa produk atau jasa yang kamu berikan memang sesuai dengan kebutuhan atau keingan mereka.
Kenyataannya kamu tidak bisa mengenal setiap pelangan, karena mereka juga orang yang berbeda. Maka dari itu, biasanya dengan membuat buyer persona akan mewakili segmen secara umum yang kamu pilih sebagai target pasar.
4. Menggunakan Konten Marketing
Konten marketing sangat penting perannya dalam keberlangsungan usaha UKM. Dalam membuat sebuah content, kamu harus memastikan bahwa konten tersebut memberikan informasi yang bernilai, unik, mudah ditangkap, dan terpenting relvan dengan konsumen.
Penerapan konten sendiri tidak hanya bisa diterapkan pada sebuah postingan media sosial, tetapi juga di situs, iklan, artikel blog dan lainnya.
Membuat sebuah konten yang berkualitas, membutuhkan riset mendalam dan sangat membutuhkan kreativitas untuk membuatnya.
5. Memaksimalkan Sosial Media Marketing
Selanjutnya adalah tentang sosial media marketing. Digital marketing utuk UKM, yang sudah banyak di lakukan adalah memanfaatkan sosial media sebagai upaya promosi. Potensi dari sosial media sendiri cukup besar. Banyak media-media yang bisa kamu gunakan untuk melakukan promosi di sosial media.
Berikut sosial media yang bisa kamu gunakan sebagai media promosi.
- Tiktok
- User-generated Content
1 comment