Dalam menjalankan sebuah bisnis, melakukan pemasaran atau marketing memang cukup penting agar produk atau jasa yang telah dibuat atau dikembangkan dikenal. Namun sebelum melakukan pemasaran, ada hal penting yang wajib kamu lakukan agar kamu bisa melakukan pemasaran yang efektif. Hal tersebut adalah melakukan riset pasar. Kegiatan ini sangat penting karena akan mempengaruhi aktivitas pemasaran kamu. Riset ini juga bertujuan agar pemasaran yang kamu lakukan tidak sia-sia.
Dengan melakukan riset akan membantu kamu untuk mengetahui kondisi pasar dan akan lebih memudahkan kamu untuk mengetahui bagaimana masyarakat membutuhkan atau menginginkan produk yang kamu tawarkan atau tidak. Hasil dari riset ini akan menjadi modal penting karena bisa kamu gunakan sebagai strategi pemasaran di bisnis kamu tentunya.
Berikut ini ada 4 cara yang bisa kamu lakukan untuk melakukan riset menurut INDOHP. Langkah-langkah berikut bisa dikatakan cukup mudah namun bisa memberikan efek yang sangat baik untuk bisnis kamu. Yuk, langsung saja berikut ini 4 cara terbaik dalam melakukan riset.
1. Melakukan Survey Pasar

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah melakukan survey. Mengetahui kondisi pasar memang sangat penting. Caranya pun beragam, kamu bisa memberikan angket kusioner yang akan diisi oleh orang-orang dan melalui data dari kuisioner tersebut kamu bisa mengetahui bagaimana pasar bekerja. Cara lainnya kamu bisa mewancara secara langsung dengan masyarakat mengenai produk kamu. Dengan melakukan survey, kamu akan mengetahui tentang minat dan kebutuhan masyarakat.
2. Amati Perkembangan Pasar

Tidak berhenti sampai disitu, kamu juga perlu mengamati perkembangan pasar dalam melakukan riset. Perkembangan pasar pada dasarnya akan berubah seiring dengan waktu dan bersamaan dengan trend yang akan muncul. Dengan hasil pengamatan ini kamu bisa menjadikannya sebagai bahan pertimbangan sebelum mengeluarkan produk.
3. Perhatikan Tingkat Persaingan Pasar

Yang satu ini juga tidak kalah penting, karena persaingan bisnis tentu pasti ada. Dengan Analisa mengenai persaingan ini kamu bisa mengetahui kelebihan dan kekurangan pesainga dari bisnis kamu, sehingga kamu bisa menentukan langkah selanjutnya untuk mengungguli pesaing bisnis tersebut.
4. Uji Coba Pasar

Langkah yang terakhir dalam melakukan riset pasar adalah uji coba pasar. Hal ini penting sebelum kamu benar-benar memasarkan produk yang akan dikeluarkan di pasaran. Kamu bisa memberikan sampel kepada beberapa orang secara acak dan menanyakan respon dari produk buatan kamu. Jika respon yang didapat kurang baik, maka kamu bisa memperbaiki dan menyempurnakan produk kamu sehingga produk tersebut bisa diterima dan dicari oleh banyak orang.
Dengan melakukan langkah-langkah di atas, tentunya kamu bisa menentukan strategi pemasaran yang paling tepat untuk produk tersebut sehingga hasilnya pun juga akan maksimal. Bagi kamu yang ingin memulai bisnis tapi tidak mempunyai pengetahuan mengenai bisnis kamu bisa coba daftar di INDOHP sebagai dropshipper melalui link ini atau melalui aplikasi INDOHP yang bisa di download di sini.
Promosi dapat kamu lakukan setelah mengetahui hasil dari riset pasar. Kamu juga wajib mengikuti perkembangan pasar karena keinginan pasar bisa berubah dalam waktu tertentu mengikuti bagaimana trend berjalan.
Bisa dikatakan, saat berbinis kamu wajib melakukan inovasi agar produk benar-benar disukai oleh konsumen dan tidak ketinggalan dari produk lainnya. Informasi dari hasil riset ini akan mempengaruhi bisnis kamu kedepannya apakah akan sukses atau sebaliknya.
1 comment