Hii Mitra INDOHP, pernahkah kamu berpikir pentingnya kepuasan pelanggan? Pelanggan merupakan elemen paling penting dalam sebuah bisnis, tanpa adanya pelanggan bisnis apapun tidak akan bertahan. Misalnya kamu mempunyai toko jual-beli online, lalu jika tidak ada pelanggan yang membeli barang dari tokomu apakah toko tersebut akan bisa bertahan tanpa adanya pemasukan? Tentu tidak.
Melakukan survey kepuasan pelanggan merupakan hal yang wajib dilakukan oleh setiap pengusaha. Hal tersebut akan sangat berguna untuk menilai apakah produk atau layanan yang kamu berikan telah memenuhi kebutuhan pelanggan atau belum.
Di bawah ini INDOHP sudah merangkum apa aja indikator yang wajib kamu ketahui agar bisa memajukan bisnismu, antara lain.
1. Respon Emosional

Indikator kepuasan pelanggan pertama yang wajib kamu ketahui adalah respon emosional.
Dengan adanya respon emosional ini, kamu bisa menilai tingkat kepuasan pelanggan dari respon emosional yang mereka tunjukan saat menggunakan, atau mengkonsumsi produk milikmu. Untuk indikator ini sendiri mungkin hanya bisa dipraktekan dalam bisnis offline.
Misalnya, kamu mempunya sebuah restoran yang menyediakan berbagai makanan. Kamu bisa memperhatikan ekspresi dari pelanggan kamu saat menyantap salah satu menu yang ada di restoranmu.
2. Keluhan atau kritik

Kamu juga bisa menilai kepuasan pelanggan dari jumlah keluhan atau kritik yang para pelanggan sampaikan ke tokomu.
Tapi kamu jangan langsung panik karena produkmu mendapat banyak keluhan atau kritik. Hal yang harus kamu lakukan saat menemui situasi ini adalah menampung semua keluhan dan kritik tersebut, lalu klasifikasikan antara satu dengan yang lainnya.
Di sana kamu akan bisa melihat keluhan yang sama, maka yang harus kamu perbaiki lebih dulu apa yang menjadi keluhan atau kritik tersebut. Artinya yang merasa keberatan dengan hal tersebut.
3. Analisis Konsumen

Sebelumnya kamu harus mengetahui tipe pelanggan terlebih dahulu. Ada dua tipe pelanggan yang harus kamu ketahui untuk dapat mengukur tingkat kepuasan pelanggan yakni loyal konsumen dan konsumen musiman.
Loyal konsumen itu sendiri bagaikan keluarga bagi sebuah bisni, tipe konsumen ini adalah yang akan kembali lagi ke toko atau bisnismu tanpa harus diberi iming-iming seperti promo ataupun hadiah.
Sedangkan, tipe konsumen musiman adalah konsumen yang biasanya datang satu dua kali atau hanya akan datang ketika ada harga promosi ataupun penawaran hadiah.
Kamu bisa menilai kepuasan pelanggan dengan membandingkan antara loyal konsumen dan konsumen musiman yang datang ke toko atau bisnismu. Dari hasil perbandingan ini kamu akan tahu manakah konsumen yang lebih sering datang, jika jumlah loyal konsumen lebih banyak maka produk atau pelayanan yang kamu berikan bisa dikatakan sudah cukup baik.
4. Analisis Mantan Pelanggan

Kehilangan pelanggan adalah hal yang umum dialami para pengusaha atau pengeloha sebuah bisnis. Oleh karena itu, survey kepuasan pelanggan sangat berguna untuk menjaga para pelanggan agar tetap setia pada bisnismu.
Apabila semua hal dan usaha telah kamu lakukan tapi kamu masih kehilangan pelanggan, kamu tidak perlu bersedih atau langsung panik dulu. Dari kasus ini kamu bisa menganalisis penyebab pelanggan tersebut berpaling.
Ini juga sebagai bentuk intropeksi supaya kedepannya kamu bisa lebih menjaga kualitas dan layanan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan agar pelanggan tidak hilang.
Nah Mitra INDOHP, itulah 4 indikator yang bisa kamu gunakan sebagai patokan untuk melakukan penilaian kepuasan pelanggan terhadap bisnimu agar bisnis yang kamu jalankan bisa menjadi lebih baik dan terus berkembang.