Blog INDOHP.
  • Portal INDOHP
  • INDOHP Tutorial
    • Belajar Digital Marketing
  • Artikel Umum
  • Mendaftar jadi dropshipper
  • Jualan Di INDOHP
Instagram
Instagram has returned invalid data.

Follow Us!

Subscribe
Blog INDOHP

Tempat Kamu Belajar Bisnis Dropship

Blog INDOHP.
  • Portal INDOHP
  • INDOHP Tutorial
    • Belajar Digital Marketing
  • Artikel Umum
  • Mendaftar jadi dropshipper
  • Jualan Di INDOHP
  • Artikel Umum

4 Indikator Kepuasan Pelanggan yang Wajib Diketahui Untuk Memajukan Bisnismu

  • November 5, 2020
  • INDOHP
Total
0
Shares
0
0
0

Hii Mitra INDOHP, pernahkah kamu berpikir pentingnya kepuasan pelanggan? Pelanggan merupakan elemen paling penting dalam sebuah bisnis, tanpa adanya pelanggan bisnis apapun tidak akan bertahan. Misalnya kamu mempunyai toko jual-beli online, lalu jika tidak ada pelanggan yang membeli barang dari tokomu apakah toko tersebut akan bisa bertahan tanpa adanya pemasukan? Tentu tidak.

Melakukan survey kepuasan pelanggan merupakan hal yang wajib dilakukan oleh setiap pengusaha. Hal tersebut akan sangat berguna untuk menilai apakah produk atau layanan yang kamu berikan telah memenuhi kebutuhan pelanggan atau belum.

Di bawah ini INDOHP sudah merangkum apa aja indikator yang wajib kamu ketahui agar bisa memajukan bisnismu, antara lain.

1. Respon Emosional

4 Indikator Kepuasan Pelanggan yang Harus Kamu Tau

Indikator kepuasan pelanggan pertama yang wajib kamu ketahui adalah respon emosional.

Dengan adanya respon emosional ini, kamu bisa menilai tingkat kepuasan pelanggan dari respon emosional yang mereka tunjukan saat menggunakan, atau mengkonsumsi produk milikmu. Untuk indikator ini sendiri mungkin hanya bisa dipraktekan dalam bisnis offline.

Misalnya, kamu mempunya sebuah restoran yang menyediakan berbagai makanan. Kamu bisa memperhatikan ekspresi dari pelanggan kamu saat menyantap salah satu menu yang ada di restoranmu.

2. Keluhan atau kritik

4 Indikator Kepuasan Pelanggan yang Harus Kamu Tau

Kamu juga bisa menilai kepuasan pelanggan dari jumlah keluhan atau kritik yang para pelanggan sampaikan ke tokomu.

Tapi kamu jangan langsung panik karena produkmu mendapat banyak keluhan atau kritik. Hal yang harus kamu lakukan saat menemui situasi ini adalah menampung semua keluhan dan kritik tersebut, lalu klasifikasikan antara satu dengan yang lainnya.

Di sana kamu akan bisa melihat keluhan yang sama, maka yang harus kamu perbaiki lebih dulu apa yang menjadi keluhan atau kritik tersebut. Artinya yang merasa keberatan dengan hal tersebut.

3. Analisis Konsumen

Tips Mengoptimalkan Sales dengan Memaksimalkan Hubungan dengan Pelanggan -  Blog Gamatechno

Sebelumnya kamu harus mengetahui tipe pelanggan terlebih dahulu. Ada dua tipe pelanggan yang harus kamu ketahui untuk dapat mengukur tingkat kepuasan pelanggan yakni loyal konsumen dan konsumen musiman.

Loyal konsumen itu sendiri bagaikan keluarga bagi sebuah bisni, tipe konsumen ini adalah yang akan kembali lagi ke toko atau bisnismu tanpa harus diberi iming-iming seperti promo ataupun hadiah.

Sedangkan, tipe konsumen musiman adalah konsumen yang biasanya datang satu dua kali atau hanya akan datang ketika ada harga promosi ataupun penawaran hadiah.

Kamu bisa menilai kepuasan pelanggan dengan membandingkan antara loyal konsumen dan konsumen musiman yang datang ke toko atau bisnismu. Dari hasil perbandingan ini kamu akan tahu manakah konsumen yang lebih sering datang, jika jumlah loyal konsumen lebih banyak maka produk atau pelayanan yang kamu berikan bisa dikatakan sudah cukup baik.

4. Analisis Mantan Pelanggan

MENGANALISIS PELANGGAN - Ilmu Ekonomi ID

Kehilangan pelanggan adalah hal yang umum dialami para pengusaha atau pengeloha sebuah bisnis. Oleh karena itu, survey kepuasan pelanggan sangat berguna untuk menjaga para pelanggan agar tetap setia pada bisnismu.

Apabila semua hal dan usaha telah kamu lakukan tapi kamu masih kehilangan pelanggan, kamu tidak perlu bersedih atau langsung panik dulu. Dari kasus ini kamu bisa menganalisis penyebab pelanggan tersebut berpaling.

Ini juga sebagai bentuk intropeksi supaya kedepannya kamu bisa lebih menjaga kualitas dan layanan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan agar pelanggan tidak hilang.

Nah Mitra INDOHP, itulah 4 indikator yang bisa kamu gunakan sebagai patokan untuk melakukan penilaian kepuasan pelanggan terhadap bisnimu agar bisnis yang kamu jalankan bisa menjadi lebih baik dan terus berkembang.

Total
0
Shares
Share 0
Tweet 0
Pin it 0
Related Topics
  • indikator kepuasan pelanggan
  • INDOHP
  • INDOHP dropship
INDOHP

Previous Article
  • Artikel Umum

4 Jenis Investasi Untuk Pemula

  • November 5, 2020
  • INDOHP
View Post
Next Article
Kesalahan Umum Bisnis Dropship
  • Artikel Umum

Investasi Merugi, Wajib Lakukan 7 Langkah Ini

  • November 8, 2020
  • INDOHP
View Post
You May Also Like
View Post
  • Artikel Umum

Whatsapp dan Instagram Down? Mendingan Daftar di INDOHP aja

  • INDOHP
  • March 20, 2021
View Post
  • Artikel Umum

Mirip Tapi Berbeda! Perbedaan Dropship dan Reseller

  • INDOHP
  • February 28, 2021
View Post
  • Artikel Umum

Ungkap 5 Cara agar jadi dropshipper sukses!

  • INDOHP
  • February 25, 2021
View Post
  • Artikel Umum

Kenapa Meesho Tutup dan Aplikasi apa untuk pengganti meesho!

  • INDOHP
  • February 21, 2021
View Post
  • Artikel Umum

Simak 4 Tips Tepat Menentukan Target Pasar Bisnis Online

  • INDOHP
  • February 17, 2021
View Post
  • Artikel Umum

Jangan sampai salah! Ini waktu tepat untuk upload di Instagram!

  • INDOHP
  • February 16, 2021
View Post
  • Artikel Umum

Cara Jualan dan Tips Meningkatkan Penjualan di Facebook Marketplace

  • INDOHP
  • February 13, 2021
View Post
  • Artikel Umum

8 Tips Memilih Produk Untuk Bisnis Dropship

  • INDOHP
  • February 11, 2021

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Posts
  • PENTINGNYA PERSONAL BRANDING BAGI DROPSHIPPER
  • Aplikasi Dropship dan Reseller Terbaik dan 10 Alasannya!
  • JAUHI 10 KESALAHAN INI JIKA INGIN SUKSES BISNIS DROPSHIP
  • Whatsapp dan Instagram Down? Mendingan Daftar di INDOHP aja
  • Mirip Tapi Berbeda! Perbedaan Dropship dan Reseller
Recent Comments
  • Aplikasi Dropship dan Reseller Terbaik dan 10 Alasannya! – Aplikasi Dropship Indonesia – INDOHP Blog on Simak cara meningkatkan penjualan di Tokopedia dan Shopee!
  • Aplikasi Dropship dan Reseller Terbaik dan 10 Alasannya! – Aplikasi Dropship Indonesia – INDOHP Blog on Apa Itu INDOHP?
  • JAUHI 10 KESALAHAN INI JIKA INGIN SUKSES BISNIS DROPSHIP – Aplikasi Dropship Indonesia – INDOHP Blog on 8 Tips Memilih Produk Untuk Bisnis Dropship
  • JAUHI KESALAHAN INI JIKA INGIN SUKSES BISNIS DROPSHIP – Aplikasi Dropship Indonesia – INDOHP Blog on 5 Strategi Marketing Terbaik untuk Bisnis
  • JAUHI KESALAHAN INI JIKA INGIN SUKSES BISNIS DROPSHIP – Aplikasi Dropship Indonesia – INDOHP Blog on Panduan Bisnis Dropship, Bisnis Dropship Jadi Mudah

Berlangganan

Jangan Ketinggalan Info Terbaru Bisnis Dropship

Aplikasi Dropship Indonesia - INDOHP Blog
Informasi Seputar INDOHP dan Bisnis Dropship

Input your search keywords and press Enter.