Blog INDOHP.
  • Portal INDOHP
  • INDOHP Tutorial
    • Belajar Digital Marketing
  • Artikel Umum
  • Mendaftar jadi dropshipper
  • Jualan Di INDOHP
Instagram
Instagram has returned invalid data.

Follow Us!

Subscribe
Blog INDOHP

Tempat Kamu Belajar Bisnis Dropship

Blog INDOHP.
  • Portal INDOHP
  • INDOHP Tutorial
    • Belajar Digital Marketing
  • Artikel Umum
  • Mendaftar jadi dropshipper
  • Jualan Di INDOHP
  • Artikel Umum

10 TIPS Berjualan online 2021

  • December 16, 2020
  • INDOHP
Total
0
Shares
0
0
0

Jaman sekarang ini memang sudah jamannya untuk berjualan online, semua kebutuhan kita saat ini sudah bisa mudah didapatkan melalui toko toko online atau marketplace online yang ada seperti tokopedia, shopee, dan bukalapak.

Karna saat ini tercatat sampai saat ini lebih dari 150juta orang di Indonesia merupakan pengguna marketplace online, oleh sebab itu peluang untuk berjualan secara online melalui marketplace memiliki peluang yang sangat besar, namun karna banyaknya persaingan yang terjadi saat berjualan secara online ini, akan menyulitkan penjual untuk berjualan secara online jika tidak memiliki kemampuan yang baik dalam berjualan.

Di artikel ini, mimin akan kasih 10 tips berjualan online yang paling terbaru untuk tahun 2021, baca sampai selesai supaya kamu bisa meningkatkan penjualan kamu ya.

Singkatnya 10 tips berjualan online diantaranya adalah

  1. Kenali nilai keunikan produk kamu
  2. Buat toko online kamu sendiri
  3. Pelajari data penjualan kamu yang sudah ada
  4. Buat kontent-kontent marketing
  5. Aktifkan sosial media kamu untuk berjualan
  6. Coba gunakan email marketing sebagai strategi penjualan
  7. Percantik skill kamu berbicara soal produk kamu
  8. Coba untuk beriklan di sosial media
  9. Lebih banyak dapatkan pelanggan dengan gunakan promo
  10. Buat deskripsi dan foto yang menarik pada produk kamu

Untuk lebih detailnya akan dijelaskan satu persatu di artikel berikut ini, baca sampai habis ya supaya kamu makin jago berjualan online!!

1. Kenali Nilai Keunikan Produk

Apa pernah kamu memikirkan apa yang sebenarnya menjadi nilai lebih produk kamu dibandingkan dengan produk lain yang dijual oleh kompetitor kamu?

Apa keunggulan produk bisnis kamu?

Dengan pertanyaan seperti itu mungkin kalian dengan mudah menjawab dengan jawaban standart seperti “Murah”, “Kualitas terbaik”, “Paling banyak dicari”, dan jawaban standart lainnya yang cenderung mudah untuk dijawab.

Bagaimana kalau pertanyaannya saya ubah jadi

Apa kelebihan produk kamu dibanding dengan kompetitor kamu?

Strategi Promosi Produk yang Tepat untuk Bisnis Kamu - Fastwork.id

Saya yakin banyak dari kalian yang masih belum terfikirkan untuk jawaban jawaban seperti ini, Tidak masalah, karna disini akan saya jelaskan mengenai apa itu Unique Selling Point atau USP dari produk kamu.

Berbeda dengan kelebihan produk yang jumlahnya bis abanyak, USP biasanya hanya satu saja. Tapi satu poin inilah yang nantinya akan menjadi poin utama dan kunci untuk membedakan bisnis kamu dari kompetitor.

Mengapa hanya satu saja?

Sebab ketika kamu menginginkan orang mengetahui semua kelebihan produk yang kamu miliki, karap kali calon pelanggan tak mengingat apapun soal bisnis jualan online kamu.

Untuk menghindari hal itu kamu harus menemukan USP, kmau perlu memposisikan diri sebagai calon pelanggan. Cobalah untuk berpikir sebagai pelanggan, apa yang benar-benar dibutuhkan calon pelanggan kamu? Apakah itu soal produk? Apakah lebih ke pelayanannya?

Agar kamu bisa lebih mudah untuk membayangkan USP yang menarik, mimin akan berikan beberapa contoh USP yang dimiliki produk bisnis ternama dunia:

  • Starbucks – berbagai pilihan minuman kopi dengan kualitas premium
  • Zappos – kebijakan penukaran barang yang sangat ramah untuk pelanggan
  • FedEX – jaminan paket sampai dalam semalam
  • Domino’s Pizza – pizza gratis jika tidak sampai dalam 30 menit

Ketika kamu sudah temukan beberapa calon USP yang bagus, cobalah untuk ulik lagi. Kali ini sesuaikan USP dengan selera calon pelanggan, kebiasaan pelanggan, trend, keputusan beli, dan tokoh panutan pelanggan.

Dengan kata lain, coba kombinasikan calon USP dengan buyer persona yang mungkin sudah kamu buat. Inilah yang kemudian membuat USP produk kamu benar-benar akan diingat dan tepat sasaran.

2. Buat Website Toko Online Sendiri

Mengapa perlu membuat website untuk jualan online?

Pertanyaan seperti ini pasti sering muncul ketika sebuah bisnis disarankan untuk memiliki website. Pasti kalian pernah berpikir, kan bisa dari sosial media, ada banyak marketplace yang lebih mudah untuk dipakai juga. Mulai dari Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Lazada dan lain sebagainya. Jadi, mengapa masih memerlukan website?

Cara Membuat Website Dari Nol: Panduan Membuat Website Untuk Pemula

Marketplace memang jauh lebih mudah untuk digunakan. Tak butuh waktu lama juga untuk membuat akun dan mulai menjalankan usaha jualan online kamu. Ditambah lagi, marketplace sudah memiliki traffic tinggi dan user yang banyak. Pastinya, akan jauh lebih mudah bagi kamu untuk menemukan pelanggan.

Namun, hal itu juga yang membuat persaingan di marketplace menjadi sangat tinggi. Kamu harus berebut calon pelanggan dengan memasang harga murah, pelayanan cepat, memberikan promo yang dapat menarik pelanggan, dan membangun reputasi lewat rating serta review.

Akan tetapi, setelah melakkan semua usaha itu, brand kamu tidak akan dikenal dengan baik. Pelanggan hanya akan mengingat marketplace yang digunakan instead of merek. Jika kamu memang berniat membangun brand awareness, kamu perlu paham konsekuensi ini.

Hal mengenai marketplace akan sangat berbeda dengan website toko online. Memang di awal-awal, membuat website toko online terbilang rumit. Ada banyak hal teknis yang perlu dilakukan sebelum memulainya.

Hanya saja, toko online adalah salah satu cara yang sangat bagus untuk membangun brand. Kamu bisa mulai mendesain website sesuai denan brand yang dinginkan. Dengan begitu, USP dan kelebihan produk bisa ditonjolkan dengan baik.

Tak cuma itu saja, lewat toko online sendiri kamu memiliki kendali atas data. Baik itu data penjualan. Kamu dengan mudahnya bisa tahu tren penjualan dari waktu ke waktu, demografi pembeli, serta model produk yang disukai pelanggan. Bahkan data yan berisi kontak online calon pelanggan.

Melalui data yang kamu miliki tersebut, kamu bisa melakukan marketing yang lebih terpusat. Poin itu juga perlu diingat sebagai kelebihan dari memiliki toko online sendiri. Dalam satu halam dashboard, kamu punya kontrol untuk membuat promo, dan mengatur reseller.

3. Pelajari dan Pahami Data

Data merupakan hal penting dalam bisnis. Kamu harus pintar-pintar memperlajari data yang berkaitan dengan bisnis. Terutama data soal penjualan dan data yang berhubungan dengan upaya promosi. Terdapat dua jenis data yang perlu kamu pelajari untuk bisa meningkatkan penjualan jualan online kamu.

Pertama data soal penjualan, biasanya data ini otomatis bisa didapat dari fitur report CMS yang digunakan. Dari data ini, kamu bisa tahu produk jualan online yang paling laris, produk macam apa yang disukai pelanggan, kapan penjualan naik, dan kapan penjualan sedang lesu-lesinya.

Dari kelompok data pertama, kamu bisa melakukan riset produk dan selera pasar. Lalu membuat produk-produk baru untuk dirilis ke pasaran. Bisa juga, kamu mengantisipasi higt season dan low season dengan mengeksekusi strategi marketing yang pas.

Kedua, seperti yang sudah disebutkan diatas data yang satu ini adalah data yang berhubungan dengan promosi dan marketing. Nah untuk melakukan analisis data tersebut kamu perlu menginstal Google Analytucs dan Google Tag Manajer di website.

Melalui Analytics dari Google, kamu bisa memantau performa website secara keseluruhan seperti:

  • Siapa calon pelanggan
  • Di mana mereka tinggal
  • Halaman apa saja yang paling banyak dibuka
  • Channel marketing apa yang paling efektif

Tidak hanya untuk hal-hal seperti di atas saja. Google Analytics juga bisa melakukan tracking data khusus untuk bisnis. Kamu bisa mencari tahu performa website kompetitor dalam satu industri yang sama, mengetahui kata kunci populer, mengetahui faktor yang menyebabkan user meninggalkan web, dan mengetahui waktu yang tepat untuk melakukan promosi.

4. Pakai Strategi Conten Marketing

Apa itu Conten Marketing?

Content Marketing : Model Digital Marketing Terbaik Untuk Bisnis Anda

Content marketing adalah sebuah teknik promosi yang pada dasarnya adalah pembuatan konten. Tapi, bukan sembarang konten yang dibuat. Melainkan konten relevan, penting, bermanfaat, dan bisa menarik audiens dalam jangka panjang.

Semakin bagus, menarik dan bermanfaat konten yang kamu buat, semakin besar kemungkinan usaha kamu ditemukan oleh calon pelanggan lewat Google. Artinya, semaki besar pula kemungkinan kamu mendapatkan keuntungan lewat strategi ini.

Namun, kamu jangan sampai terjebak untuk membuat konten foto atau video saja Keduanya memang menarik. Apalagi jika konten tersebut bisa memanjakan mata.

Hanya saja, kamu tetap perlu strategi dalam mengeksekusi content marketing. Alih-alih membuat konten visual dan menyebarkannya lewat sosial media, kamu perlu mempertimbangkan untuk membuat blog dalam web toko online.

Blog bisnis juga bisa dikatakan investasi jangka panjang. Lewat blog kamu bisa menunjukkan sisi friendly dari bisnis tersebut, membangun hubungan dekat dengan calon pelanggan, mengumpulkan data calon pelanggan dan meningkatkan reputasi bisnis.

5. Aktif di Media Sosial

Meskipun sudah memliki website dan blog, jangan sampai kamu melupakan sosial media. Di jaman sekarang ini sosial media masih menjadi channel penting untuk mempromosikan produk atau layanan bisnis. Dari sosial media juga, pintu pertama perkenalan dibuka pada calon pelanggan.

Faktanya, sebanyak 95 persen pengguna sosial media dengan kisaran umur 18-34 tahun mengikuti akun sosial media bisnis. Lalu sebanyak 93 persen user menjadikan sosial media sebagai cara berkomunikasi dengan brand.

KEtika kamu berhasil mewujudkan interaksi sosial media yang menyenangkan, sebanyak 71 persen pengguna akan merekomendasikan bisnis kamu pada orang-orang terdekat. Jadi sudah jelas mengapa sosial media juga ikut jadi bagian pentinfa dalam promosi bisnis.

6. Jajal Strategi Email Marketing

Sedikit fakta menarik, kamu punya kemungkinan 60-70 persen untuk menjual produk ke pelanggan lama yang sudah pernah membeli produk dari toko online kamu. Lalu hanya 5-20 persen kemungkinan kamu untuk menjual produk ke pelanggan baru.

Dengan kata lain, 80 persen keuntunfan bisnis kamu didapat dari 20 pelanggan lama. Maka dari itu sangat penting bagi kamu untuk bisa merawat hubungan dengan pelanggan.

Bagaimana caranya?

Ada begitu banyak faktor di luar sana yang berpotensi mengganggu hubungan kamu dengan pelanggan. Mulai dari promo dan diskon dari saingan bisnis, adanya kompetitor baru, sampai dengan algoritma sosial media yang tak berpihak pada kamu.

Untuk mengatahi hal-hal tersebut. Kamu bisa mencobba strategi email marketing. Lewat strategi ini, kamu akan mengirimkan update terbaru serta promo melalui email.

7. Manfaatkan Word of Mouth Marketing

Percaya tak percaya, apa kata orang sangat berpengaruh pada sebuah bisnis. Menurut kamu, mengapa pebisnis rela membayar mahal selebgram dan key opinion leader untuk bicara bagus soal bisnisnya?

Jika kamu memang memiliki finansial yang cukup bagus untuk melakukannya, tak ada salahnya untuk mencoba promo lewat selebgram atau micro influencer lainnya. Seketika, bisnis kamu bisa dikena oleh audiens dalam jumlah lebih banyak. Tidak hanya itu, jangkauan audiens juga bisa bertambah luas.

Lain halnya, kalau kamu tak bisa menganggarkan budget untuk promosi macam ini. Kamu perlu mencari cara agar bisa mempengaruhi pelanggan dengan lebih efektif.

Bagaimana caranya?

Mudah saja, kamu hanya perlu memastikan kamu menyediakan kolom review pelanggan di website kamu.

Melalui review inilah, calon pelanggan bisa menilai kualitas barang serta pelayanan bisnis kamu. Cara seperti ini menunjukkan bahwa kamu cukup adil dan transparan soal bisnis. Di saat yang sama, kamu akan meyakinkan calon pelanggan bahwa praktik bisnis kamu nyata dan bukan penipuan.

Faktanya, teknik marketing macam ini masih terbilang efektif. Word of mouth marketing dikatakan 5 kali lebih menghasilkan dibandingkan paid marketing. Karena itu pula, 70 persen pebisnis mengaku bermaksud meningkatkan word of mouth marketing secara online.

8. Iklan Bisnis di Sosial Media

What Are Web Analytics? The Data You Need to Succeed - AddThis

Tips jualan online berikutnya masih berkaitan dengan sosial media. Karena sosial media sangat penting pengaruhnya dalam berbisnis. Berbeda dengan pembahasan sebelumnya mengenai sosial media. Di bagian ini, kita akan membahas bagaimana beriklan di sosial media.

Secara spesifik, beriklan di sosial media merupakan langkah strategs dan menghasilkan. Bhakn, yang didapat bisa jadi lebih besar daripada beriklan melalui Google Ads.

Pertama, perhatikan bagaimana sistem Google Ads dan Sosial Media Ads bekrja. Google Ads bekerja ketika konsumen sudah tahu apa yang mereka inginkan. Di dalam cutomer journey, konsmen sudah melewati tahapan awareness. Mereka sudah di tahap consideration dan sedang mempertimbangkan brand mana yang menyediakan produk terbaik untuk mereka.

Namun, sosial media ads bekerja di tahapan yang berbeda. Sosial media ads menyasar pelanggan bahkan sebelum pelanggan tahu apa yang mereka inginkan. Iklan produk akan ditampilkan menurut segementasi pasar yang kamu buat.

Dengan kata lain, sosial media ads menuntuk pelanggan dari tahapan awareness hingga purchase. Dengan begitu, kamu bisa menghadirkan bisnis kamu di tiap customer journey. Lalu, akibatnya pangsa pasar kamu juga akan jauh lebih luas.

Kedua, sosial media menawarkan opsi targeting yang lebih advanced. Kamu tak perlu report-repot untuk mencari pelanggan satu persatu seperti sales door to door. Sosial media ads yang akan bekerja keras.

Ada empat opsi targeting yang bisa disediakan sosial media ads:

  • Interest targeting – Mirip dengan keyword targeting yang ada di Google Ads. Sosial media tempat kamu beriklan akan menganalisis pengguna yang sebelumnya menggunakan keyword yang kamu pasang.
  • Connection/behaviour targeting – Jangkau calon pelanggan tertentu berdasarkan kebiasaan dan intensi belanja mereka atau bagaimana mereka pernah terkoneksi ke salah satu halam spesifik di website kamu sebelumnya.
  • Custom targeting – Dengan opsi ini kamu bisa menjangkau pelanggan dengan data leads yang kamu miliki seperti alamat email, nomor telepon.
  • Looklike targeting – Jangkau pelanggan baru dengan karakteristik yang hampir sama dengan pelanggan yang kamu miliki sekarang.

9. Promo

Tentunya tidak ada orang yang tidak menyukai promo. Jadi, itu juga alasannya, kamu perlu memasukkan promo dan diskon dalam strategi marketing kamu.

Apalagi jika usaha kamu masih terbilang baru, kamu perlu mengambil perhatian calon pelanggan, dan mau mengganggu kompetitor usaha yang sudah cukup settel. Faktanya 91 persen orang mengunjungi retail atau usaha baru karena promosi yang ditwarkan.

Hanya saja, kamu juga perlu berhati-hati dalam menyebarkan promo. Jangan sampai pelanggan hanya membeli saat promo berlangsung saja.

Promo Alfamart dan Indomaret, Sediakan Barang Kebutuhan dengan Harga  Miring, ada Minyak Goreng Murah - Tribun Madura

Sebab kalau begitu, bukannya untuk, malah kamu bisa mengalami kerugian. Biaya promo di awal terlalu besar, tapi kamu tak punya cukup keuntunfan untuk menutup biaya promo tadi.

Maka dari itu, pastikan kualitas produk yang kamu twarkan memang jempolan. Atau setidaknya, punya kelebihan dan daya tawar dibandingkan produk serupa lainnya.

10. Buat Deskripsi Produk Unik dan Menarik

Hal-hal yang tampak sepele seperti deskripsi poduk bisa juga mempengaruhi laris tidaknya jualan online kamu. Tak hanya seputar teknologi tidak selalu jadi cara untuk meningkatkan keuntungan jualan online.

Namun, teknis seperi teknik persuasi atau lebih tepatnya tentang copywriting.

Copywriting akan jadi pelengkap semua usaha promosi yang sudah kamu lakukan. Dengan kalimat promosi atau copy yang persuasif, kamu dengan mudah menjangkau sisi emosional pelanggan. Dari situ, tuntunlah pelanggan potensial ke halaman check out untuk menyelesaikan transaksi.

Total
0
Shares
Share 0
Tweet 0
Pin it 0
Related Topics
  • 2021
  • Bisnis Online
  • jualan online
  • tips
  • tips bisnis
INDOHP

Previous Article
  • Artikel Umum

Keuntungan dan Kerugian Bisnis Franchise

  • December 9, 2020
  • INDOHP
View Post
Next Article
  • Artikel Umum

6 Tips Sukses Bisnis Dropship 2021

  • December 22, 2020
  • INDOHP
View Post
You May Also Like
View Post
  • Artikel Umum

Keuntungan Gabung di INDOHP

  • INDOHP
  • January 14, 2021
View Post
  • Artikel Umum

Tips & Trik Menjadi Reseller Sukses 2021

  • INDOHP
  • January 2, 2021
View Post
  • Artikel Umum

6 Tips Sukses Bisnis Dropship 2021

  • INDOHP
  • December 22, 2020
View Post
  • Artikel Umum

Keuntungan dan Kerugian Bisnis Franchise

  • INDOHP
  • December 9, 2020
View Post
  • Artikel Umum

10 Peluang Usaha Online di Tahun 2020

  • INDOHP
  • December 7, 2020
View Post
  • Artikel Umum

Mengenal Pemasaran Dropship dan Prospek Dropship untuk Bisnis Online di Indonesia

  • INDOHP
  • December 3, 2020
View Post
  • Artikel Umum

Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Dropship

  • INDOHP
  • November 30, 2020
View Post
  • Artikel Umum

5 Strategi Marketing Terbaik untuk Bisnis

  • INDOHP
  • November 29, 2020
1 comment
  1. Pingback: 6 Tips Sukses Bisnis Dropship 2021 – Aplikasi Dropship Indonesia – INDOHP Blog

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Posts
  • Cara Top Up Saldo Aplikasi Dropship INDOHP
  • Keuntungan Gabung di INDOHP
  • Cara Daftar Platform Dropship INDOHP
  • Tips & Trik Menjadi Reseller Sukses 2021
  • Cara Menjadi Dropshipper di Tokopedia
Recent Comments
  • Keuntungan Gabung di INDOHP – Aplikasi Dropship Indonesia – INDOHP Blog on Apa Itu Bisnis Dropship?
  • Keuntungan Gabung di INDOHP – Aplikasi Dropship Indonesia – INDOHP Blog on Apa Itu INDOHP?
  • Cara Daftar Platform Dropship INDOHP – Aplikasi Dropship Indonesia – INDOHP Blog on Apa Itu INDOHP?
  • Cara Menjadi Dropshipper di Tokopedia – Aplikasi Dropship Indonesia – INDOHP Blog on Apa Itu Bisnis Dropship?
  • 6 Tips Sukses Bisnis Dropship 2021 – Aplikasi Dropship Indonesia – INDOHP Blog on 10 TIPS Berjualan online 2021

Berlangganan

Jangan Ketinggalan Info Terbaru Bisnis Dropship

Aplikasi Dropship Indonesia - INDOHP Blog
Informasi Seputar INDOHP dan Bisnis Dropship

Input your search keywords and press Enter.